Perancangan Aplikasi Penilaian Kontes Ikan Cupang Dengan Metode Topsis Berbasis Website

  • Chintya Lavenia Mahasiswa
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Rangking, Kontes Ikan Cupang

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi yang pada awalnya sangat terbatas dalam membantu kebutuhan manusia, kini telah menjadi yang tak terpisahkan atau telah menjadi kebutuhan hidup seseorang dengan waktu yang cepat. Hal tersebut dapat diatasi dengan adanya internet (Interconected Network), sehingga membuat banyak kegunaan untuk menghemat banyak waktu dalam soal ikan cupang bagi para juri. menentukan dalam membagi waktu dan hasil perangking yang cepat menjadi alasan utama yang diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dalam ikan cupang. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan penilaian kontes ikan cupang menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). Aplikasi dikembangkan melalui variabel masukkan yang mencakup tubuh cupang, kondisi cupang, mental cupang, warna cupang. Nama alternatif dan kriteria serta bobotnya akan disimpan dalam database untuk proses analisa dan perhitungan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, Boostrap. CSS dan PHP dengan basis data database MySQL. Hasil pengujian aplikasi ini mampu membantu pengguna dalam menampilkan peringkat hasil pertandingan ikan cupang. Aplikasi yang dirancang dari segi proses perhitungan memiliki sifat yang dinamis karena database dapat ditambah, edit dan hapus alternatif data serta kriteria sesuai dengan keinginan pengguna

References

[1] Raharjo, S. 2004. Teori, Analisa, dan Implementasi Jaringan Tanpa Disk, pada GNU/Linux. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[2] Fristanto, H. T., “PEMBUATAN WEBSITE PROMOSI DAN PEMESANAN PRODUK PADA HOME INDUSTRI AGRO SANTOSO JAMUR PUNUNG PACITAN”, vol 2, no 1, pp 37-42, 2014.
[3] Bintang, Z. 2021. Cetak Cupang Juara Kontes. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.
[4] Aryani, D., Aini, Q., dan Armansyah, F. S., “PERANCANGAN ANDROID PACKAGE MOBILE WEB PADA SISTEM PENILAIAN DI PERGURUAN TINGGI”, vol 7, no 2, pp 155-166, 2017.
[5] Rahardja, U., Aini, Q., Putri, D.M., “Pemanfaatan Automated Email System (AEMS) Sebagai Media Notifikasi Penilaian Hasil Belajar”, SENSITEK 2018, STMIK Pontianak, 12 juli 2018.
[6] Siddiq, A. F., “Sistem Pendukung Keputusan Metode TOPSIS & Contoh
Implementasi”, Skripsi, Sekolah Tinggi Teknik – PLN, Jakarta, 2012.
[7] Nurdyan, R., “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kontes Kicau Burung Dengan Menggunakan Metode Topsis”, Skripsi, Fakultas Teknik Informatika, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 2019.
[8] Ashari, M. A., “Penentuan Juara Kontes Ikan Cupang Dengan Menggunakan Metode Promethee”, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI, Kediri, 2019.
[9] Nurdyan, R., “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kontes Kicau Burung Dengan Menggunakan Metode Topsis”, Skripsi, Fakultas Teknik Informatika, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 2019.
[10] Andrean, R., Kosasi, S., dan Yuliyanti, I D. A. E., “Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit BPR Centradana Kapuas Menggunakan Topsis”, vol 9, no 1, pp 41-51, 2020.
[11] Yulyantari, L. M. 2019. Manajemen Model pada Sistem Pendukung Keputusan. edisi 1. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Published
2022-08-30
How to Cite
Chintya Lavenia. (2022). Perancangan Aplikasi Penilaian Kontes Ikan Cupang Dengan Metode Topsis Berbasis Website. Teknomatika, 12(01), 101-110. Retrieved from https://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/565