Perancangan Aplikasi Promosi Shirouoshien Berbasis Android
Abstract
Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kemampuan secara keuangan dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang wirausaha dalam usaha membangun sebuah produk baik jasa maupun barang yang ditargetkan untuk konsumen demi mendapatkan hasil atau keuntungan. Usaha shirouoshien merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang produk kerajinan tangan dan kuliner. Usaha yang dilakukan adalah usaha rumahan, dengan semua aktifitas penjualan maupun penerimaan pesanan dilakukan menggunakan media komunikasi seperti whatsapp dan promosi yang dilakukan adalah dengan sosialisasi konsumen ke konsumen yang telah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah dokumen perancangan yang baik untuk membangun sebuah media promosi pada usaha shirouoshien berbasis android. Pendekatan rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah perancangan terstruktur dan tools yang digunakan berupa Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram.
Kata kunci: shirouoshien, Android, data flow diagram, entity relationship diagram
References
A. A. Wibowo and M. Fairuzabadi, PERANCANGAN APLIKASI PROFIL UKM KERAJINAN KABUPATEN BANTUL BERBASIS ANDROID, in Seminar Nasional Dinamika Informatika, 2017, pp. 167–173.
N. Wijaya, PERANCANGAN APLIKASI PROMOSI SONGKET PALEMBANG ERBASIS ANDROID, JUSIM, vol. 2, no. 2, pp. 10–22, 2017.
D. Dikanata and R. Wati, APLIKASI PENJUALAN SHOES PADA TOKO DESTINA BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : Toko Destina), in Prociding KMSI (Konferensi Mahasiswa Sistem Informasi), 2018, pp. 19–26.
H. Irsyad, A. Taqwiym, and N. Wijaya, SMART TOURISM INFORMATION AND MANAGEMENT (SARITEM) KOTA PALEMBANG BERBASIS ANDROID, Computatio, vol. 2, no. 1, pp. 23–35, 2018.
G. H. Basith and D. Kurniadi, PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMETAAN PARIWISATA GARUT BERBASIS GEOGRAFIC INFORMATION SYSTEM DAN ANDROID, J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 26–31, 2017.
H. Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005. [7] A. M. Lukman, PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN DAN PENJULAN BERBASIS SMARTPHONE (ANDROID) PADA DEPOT AIR MINUM, J. Ilm. Ilk., vol. 8, no. 1, pp. 44–48, 2016.
H. Hasanah, TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial), J. At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, 2016.
A. R. Djaelani, Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif, PAWIYATAN, vol. 20, no. 1, 2014.
A. P. Kusuma and K. A. Prasetya, PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ECOMMERCE UNTUK PENJUALAN BAJU ONLINE BERBASIS ANDROID, J. Antivirus, vol. 11, no. 1, pp. 1–11, 2017.
Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
M. Syarif, M. Somantri, and Y. Christiyono, PERANCANGAN APLIKASI BERNAMA MY LANDMARK BERBASIS SIG UNTUK INFORMASI PENJUALAN TANAH PADA PERANGKAT BERGERAK ANDROID, Transient, vol. 5, no. 2, pp. 117–124, 2016.
T. W. Oktaviani, Perancangan User Interface Berbasis Web Untuk Home Automation Gateway Yang Berbasis IQRF TR53B, JNTETI, vol. 3, no. 3, 2014.
M. Si. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis, J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 31–36, 2015.
K. P. Prasetyo, R. Widiyanti, and S. Setyowibowo, KEAMANAN AUTHENTIKASI HOTSPOT MENGGUNAKAN CAPTCHA, J. Teknol. Inf. Teor. Konsep dan Implementasi, vol. 6, no. 2, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika) is licensed under CC BY-SA 4.0