Pengembangan Mobile Augmented Reality Brosur Wisata Olahraga Jakabaring Sport City Menggunakan Metode Addie
Abstract
Jakabaring Sport City Palembang merupakan wisata olahraga yang saat ini telah dikunjungi sebagai tempat rekreasi dan tempat hiburan yang menyenangkan, akan tetapi kurangnya media informasi menjadikan wisatawan lokal dan mancanegara kurang mengetahui secara detail fasilitas dan keunggulan yang berada di Jakabaring Sport City. Brosur merupakan media informasi yang mudah didapatkan, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality media informasi brosur akan menjadi interaktif dan menarik wisatawan atau pengunjung. Di dalam proses pengembangan teknologi Augmented Reality peneliti menggunakan pendekatan model pengembangan Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE) karena model pengembagan ADDIE menggambarkan proses pengembangan yang sederhana yaitu terdiri dari lima tahapan yang berurutan secara sistematis dan interaktif. Penelitian ini menghasilkan brosur Augmented Reality untuk dapat digunakan wisatawan dengan mudah dalam mendapatkan informasi venue olahraga yang ada di Jakabaring Sport City.
Kata kunci–Brosur, ADDIE, Augmented Reality
References
Yoeti, A., dan Oka. 1996, Pengantar Ilmu Pariwisata, Penerbit Angkasa, Bandung.
Rifai, M, dkk. 2014. Prosiding SNATIF Ke-1, ISBN.978-605-1180-04-4.
Gorbala B.T. dan Hariadi M. 2010. Aplikasi Augmented Reality untuk Katalog Penjualan Venue, ITS Surabaya.
Sari, N., dkk. 2014. Jurnal Ilmiah : KARMAPATI, ISSN. 2252-9063.
Guritno, S., dkk. 2009, IT Research, Penerbit Andi Offset: Yogyakarta.
Togala, Z. 2013. Buku: Instructional Design: The ADDIE Approach, Robert Maribe Branch.
Rakacita, G.R. dan Thalib, F. 2011. Jurnal Ilmiah : Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Penunjang Industri Musik Indonesia.
Downloads
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika) is licensed under CC BY-SA 4.0