Transformasi Digital UMKM Kuliner Lokal Melalui Perancangan UI/UX Pempek Gending Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing Global Berbasis Metode Design Thinking

Authors

  • Eko Setiawan Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Azalia Mawarindani Indra Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Yanti Efendy

DOI:

https://doi.org/10.61423/teknomatika.v14i02.691

Keywords:

Transformasi Digital, UI/UX Landing Page, Design Thinking, Pempek Gending, SDGs.

Abstract

Pempek salah satu ikon kuliner Indonesia yang berpotensi besar di pasar global dan diakui sebagai salah satu hidangan seafood terbaik dunia, menempati peringkat ke-4 oleh Taste Atlas. Salah satu UMKM yang berupaya mendigitalisasi produknya untuk meningkatkan keunggulan bersaing secara global adalah Pempek Gending. UMKM ini telah memilik HACCP, Halal, SNI, dan BPOM, memiliki visi untuk bisa bersaing di pasar asia dan global melalui transformasi digital. Penelitian ini berfokus pada perancangan UI/UX landing page berbasis metode Design Thinking untuk mendukung transformasi digital Pempek Gending. Tujuan utama dari landing page ini adalah meningkatkan pengalaman pengguna, mempromosikan identitas merek, dan menjangkau pasar global secara efektif. Upaya ini  juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya SDG No 8 melalui penguatan ekonomi lokal dan berkontribusi pada perekonomian nasional.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain landing page yang berorientasi pengguna dapat memperkuat daya saing global Pempek Gending sekaligus mempromosikan pempek sebagai warisan budaya Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Transformasi Digital UMKM Kuliner Lokal Melalui Perancangan UI/UX Pempek Gending Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing Global Berbasis Metode Design Thinking. (2024). Teknomatika, 14(02), 41-51. https://doi.org/10.61423/teknomatika.v14i02.691