Implementasi Metode Belajar FlashCard, Pomodoro pada Aplikasi Belajar Mandiri sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.61423/teknomatika.v14i01.660Keywords:
Aplikasi, Design Thingking, Pomodoro, FlashCard, UI/UX DesignAbstract
Hadirnya teknologi dalam dunia Pendidikan menuntut para pelajar dan masyarakat dapat melakukan berbagai metode belajar untuk mempermudah kita dalam belajar. Terdapat metode belajar yang digunakan diantaranya metode belajar flashcard dan metode belajar pomodoro. Metode belajar flash card merupakan media sederhana yang dapat dipergunakan oleh guru dalam menyampaikan isi materi pada pembelajaran. Sedangkan metode belajar pomodoro adalah teknik belajar cerdas dengan memanfaatkan efisiensi waktu. Teknik belajar ini berdasarkan pengaturan waktu disaat melakukan tugas dengan keadaan fokus maksimal dalam jangka waktu yang ditentukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode belajar pomodoro sudah dapat diakses melalui situs : https://pomofocus.io/ dan https://www.cram.com/ untuk metode flashcard. Namun, saat ini belum ada media pembelajaran digital yang menyediakan fasilitas untuk siswa belajar secara mandiri dengan menggabungkan kedua metode belajar pomodoro dan flashcard dalam satu aplikasi. Kedua metode ini dapat digunakan siswa dalam waktu yang bersamaan, dimana sebelum memulai belajar mandiri siswa dapat menggunakan metode belajar pomodoro dengan mengatur waktu yang diinginkan agar waktu belajar menjadi lebih fokus dan efisien, kemudian menggunakan metode belajar flashcard agar siswa dapat lebih memahami materi yang telah dipelajari di sekolah. Media Pembelajaran Digital dibangun dengan UI/UX Design menggunakan pendekatan design thingking.
References
[2] E. Fitriyani and P. Z. Nulanda, “Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris,” Psympathic J. Ilm. Psikol., vol. 4, no. 2, pp. 167–182, 2017, doi: 10.15575/psy.v4i2.1744.
[3] S. Senzaki, J. Hackathorn, D. C. Appleby, and R. A. R. Gurung, “Reinventing Flashcards to Increase Student Learning,” Psychol. Learn. Teach., vol. 16, no. 3, pp. 353–368, 2017, doi: 10.1177/1475725717719771.
[4] Y. A. Tabi et al., “Vividness of visual imagery questionnaire scores and their relationship to visual short-term memory performance,” Cortex, vol. 146, pp. 186–199, 2022, doi: 10.1016/j.cortex.2021.10.011.
[5] Mohamad Bastomi et al., “Penerapan Metode Pomodoro Dan Cornell Notes Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di MI Al-Marhamah,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 62–66, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.feunhasy.ac.id/dinamis.
[6] J. Costales, J. Abellana, J. Gracia, and M. Devaraj, “A Learning Assessment Applying Pomodoro Technique as A Productivity Tool for Online Learning,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., no. October, pp. 164–167, 2021, doi: 10.1145/3498765.3498844.
[7] Mahmud, Muhammad Octa Firmansyah. “Analisis User Experience Terhadap Website Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Teknomatika, Vol.12, No.02, pp 189-198, 2022, https://doi.org/10.61423/teknomatika.v12i02
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika) is licensed under CC BY-SA 4.0