Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Situs Web Human Capital Alfamart Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction)
DOI:
https://doi.org/10.61423/teknomatika.v13i02.652Keywords:
Kata kunci: Analisis Kepuasan Pengguna, EUCS, Website Human CapitalAbstract
PT Sumber Alfaria Trijaya memiliki sebuah aplikasi berbentuk website bernama Human Capital yang memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi tentang profil karyawan dan mencatat kehadiran. Penelitian bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan pengguna dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna terhadap situs web Human Capital Alfamart. Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) digunakan, dengan lima variabel: isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Populasi terdiri dari pengguna situs web yang dipilih melalui simple random sampling. Proses analisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi dan kemudahan penggunaan secara parsial memengaruhi kepuasan pengguna, dengan nilai signifikansi 0,010. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa satu variabel (akurasi) bersifat non-linear. Uji F menunjukkan adanya pengaruh simultan dari variabel independen terhadap kepuasan pengguna. Namun, tiga variabel (akurasi, format, dan ketepatan waktu) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Rekomendasi meliputi perbaikan desain aplikasi Human Capital, fitur, dan ketepatan waktu login.
References
[2] M. Veronica, D. Antoni, and M. Akbar, “Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online,” vol. 08, no. 01, pp. 23–32, 2018.
[3] E. Setiawan and Wizayunifa, “Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi Polisiku dengan Model Efektivitas dan Efisiensi,” vol. 11, no. 01, pp. 1–10, 2021.
[4] B. Effendi and I. Khasanah, “Evaluasi User Experience Sistem Monitoring Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Palcomtech menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough,” 1978.
[5] A. Saputra, N. Ikhsan, and N. Arwandy, “Sistem Informasi Monitoring Kinerja Kepala Sekolah dan Guru Pada Koordinator Wilayah Kecamatan Muara Kuang Berbasis Web,” vol. 12, no. 01, pp. 59–70, 2022.
[6] Mahmud and M. O. Firmansyah, “Analisis User Experience Terhadap Website Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 12, no. 02, pp. 189–198, 2022.
[7] F. T. Admojo and M. L. A. Saputra, “Analisis Sistem Keuangan Desa (SISKEUDes) di Kecamatan Muara Sugihan Menggunakan Metode B lack Box Testing,” vol. 12, no. 02, 2022.
[8] M. R. Ardiansyah and N. Sriwidiya, “Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Metode Waterfall pada PT. Tirta Osmosis Sampurna Palembang,” vol. 12, no. 01, pp. 23–36, 2022.
[9] A. Saputra, M. Subing, and R. Pratama, “Perbandingan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Pengguna Twitter Mengenai Piala Dunia Fifa 2022,” vol. 13, no. 01, 2023.
[10] M. R. Ardiansyah and I. T. S. Koearito, “Aplikasi Penjualan Sepeda Motor Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype (studi kasus?: CV Faris Motor),” vol. 12, no. 02, pp. 163–174, 2022.
[11] I. Khasanah, R. Gunawan, and R. A. A. Pratama, “Penerapan Metode Extreme Programming untuk Membangun Sistem Monitoring Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Palcomtech,” vol. 12, no. 02, pp. 175–186, 2022.
[12] A. Tenggono and I. Khasanah, “Pemodelan Data Base pada Aplikasi Pengumpulan Tugas Online Berbasis Website,” vol. 11, no. 02, pp. 221–227, 2021.
[13] Adelin, A. Tenggono, and M. Adryansyah, “Prediksi Potensi Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 Menggunakan Metode Na??ve Bayes di Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang,” vol. 11, no. 01, pp. 51–58, 2021.
[14] F. T. Admojo, A. Fahmi, E. Ariawan, and H. Apriza, “Pemanfaatan Backpropagation untuk Memprediksi Produksi Buah Kelapa Sawit pada PT. Tunas Baru Lampung Tbk,” vol. 11, no. 02, 2021.
[15] Doll and Torkzadeh, “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango,” Indones. Muchlis Polin, vol. 2(1), 2022.
[16] Chin and Lee, “Pengukuran End User Computing Satisfaction Atas Penggunaan Sistem Informasi,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 9 (1), 2015.
[17] Tjiptono, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean,” IJSE – Indones. J. Softw. Eng., 2015.
[18] Mardiana, “Analisis Tingkat Kepuasan dalam Penerapan PPDB Online SMKN Kota Palembang,” vol. 07, no. 02, pp. 23–35, 2017.
[19] Wizayunita, E. Setiawan, and E. Hartati, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Polisiku di Kota Palembang,” vol. 12, no. 01, pp. 81–91, 2022.
[20] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Anggota IKAPI, 2014.
[21] E. Hartati, Mardiana, E. Novelia, and N. A. Kartika, “Analisis Desain User Interface Website Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Dengan Metode Heuristic Evaluation,” vol. 11, no. 01, pp. 209–220, 2021.
[22] Ghozali, plikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2 Edisi 10, Badan Pene. Ponogoro, 2021.
[23] Priyastama, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” vol. 5(1), pp. 19–28, 2019.
[24] B. Effendi, A. S. Tori, and M. Ilhamsyah, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Aplikasi SISMART sebagai Media Pembelajaran pada SMA Adabiyah Palembang,” vol. 11, no. 02, pp. 143–152, 2021.
[25] Y. Sriyeni, D. Antoni, and M. Akbar, “Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT),” vol. 08, no. 01, pp. 93–104, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika) is licensed under CC BY-SA 4.0