Pemahaman Dan Kebermanfaatan Digital Trend Dalam Transformasi Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Authors

  • Azalia Mawarindani Indra Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Muhammad Fajar Aribowo Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Eko Setiawan Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Yanti Effendy Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech

DOI:

https://doi.org/10.61423/teknomatika.v13i02.629

Keywords:

Digital Maturity, Digiital Maturity Model, SMES, Digitalize SME, Digital Strategy, Digital Transformation

Abstract

Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai kontributor besar dalam perkembangan ekonomi di seluruh dunia, saat ini menjadi lebih berdaya guna dan penuh tantangan di era digital ini. Gelombang teknologi digital dapat memberikan dampak besar dan peluang bagi UKM. Berdasarkan teori dan para ahli, jika UKM menjalankan bisnis mereka secara digital, mereka akan memiliki peluang untuk meningkatkan keuntungan dan keunggulan kompetitif mereka. Dalam dampak besar, UKM dapat berkontribusi pada Visi Indonesia sebagai Negara Berpendapatan Menengah pada tahun 2020. Untuk beroperasi secara digital, UKM harus memahami dengan jelas tentang kemampuan digital. Kemampuan digital akan menjelaskan langkah-langkah dan kebutuhan bagi UKM untuk menjalankan bisnis mereka di era digital ini.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan kemampuan digital bagi UKM. Sesuai dengan teori, kemampuan digital harus dapat diukur. Instrumen pengukuran untuk membimbing dan memberikan informasi tentang tingkat kemampuan digital disebut dengan model kematangan digital. Berdasarkan literatur dan observasi data, tampaknya teori model kematangan digital untuk UKM tidak tersedia hingga tahun 2023. Mulai dari kondisi tersebut, kami menjelajahi beberapa studi literatur seperti model kematangan, kemampuan digital, dan transformasi digital dari teori perusahaan dalam 4 tahun terakhir. Akhirnya, kami mengadaptasi teori-teori tersebut untuk UKM dengan penelitian kualitatif.

 

Sebagai hasilnya, kami mendefinisikan tujuh dimensi kemampuan digital untuk UKM, penilaian, dan formula komponen Model Kematangan Digital untuk UKM. Model-model ini telah diuji dengan uji coba pilot pada UKM dalam studi kasus kami.

References

Dataindonesia.id, “Jumlah UMKM di Indonesia,” 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia. [Accessed: 10-Sep-2023].

Cirprandy Riopaldo Tambunan, “Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia,” Publikasi Kementrian Keuangan RI, 2023. [Online]. Available: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html#:~:text=Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi,123%2C3 ribu tenaga kerja. [Accessed: 10-Sep-2023].

The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), “‘SME digitalisation for resilience and sustainability,’” OECD Article, 2023. [Online]. Available: https://t4.oecd.org/digital/sme/D4SME PoW 2023-24.pdf. [Accessed: 10-Sep-2023].

Kementerian koordinator Bidang Perekonom and R. INDONESIA, “FEKDI 2023 : Ekonomi Digital Sebagai Buffer dan Akselerator Perekonomian Nasional,” Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5126/fekdi-2023-ekonomi-digital-sebagai-buffer-dan-akselerator-perekonomian-nasional. [Accessed: 10-Sep-2023].

J. M. González-Varona, A. López-Paredes, D. Poza, and F. Acebes, “Building and development of an organizational competence for digital transformation in SMEs,” J. Ind. Eng. Manag., vol. 14, no. 1, pp. 15–24, 2021.

G. Oswald and K. Michael, Shaping the Digital Enterprise: Trends and Use Case in Digital Innovation and Transformation. Switzerland: Springer International Publishing, 2017.

D. J. Venkatesh and Dr. R. Lavanya kumari, “SMAC (social mobile anaytics & cloud): a driving growth for msme sector in india,” Int. J. Eng. Sci. Math., vol. 7, no. July, pp. 1–23, 2018.

Piotr Adamczewski, “The Polish SMEs in Age of Digital Transformation,” vol. 3, 2019.

P. Adamczewski, “Digital transformation of business entities in competitive environment,” Nierówno?ci spo?eczne a wzrost Gospod., vol. 58, no. 2, pp. 105–116, 2019.

Akhsanitaqwiym and Lisa Amelia, “Android Based Mobile Application for Shirouoshien Media,” Teknomatika, vol. 10, no. 02, pp. 173–182, 2020.

D. Rowles and B. Thomas, Building Digital Culture: A Practical Guide to Successful Digital Transformation. London: Kopanpage, 2017.

J. Albanese and B. Manning, Revive: How to transform traditional businesss into digital leaders, 1st ed. New Jersey: y Pearson Education, Inc., 2016.

bandung.go.id, “Kota Bandung Masuk Dalam Jaringan Unesco Creative Cities Network (UCCN),” Website Resmi Kota Bandung, 2016. [Online]. Available: https://www.bandung.go.id/news/read/2722/kota-bandung-masuk-dalam-jaringan-unesco- creative-cities-network-uccn.

S. dan W. H. Wang, Information Technology for Small Business: A Comprehensive guide of applications of end user computing, social media, cloud computing,and open source software to business process, decision making and outreaching for students in business programs and small. Florida: Universal Publisher, 2017.

T. B. Daniel Rowles, Building Digital Culture : A Practical Guide to Successful Digital Transformation. London: Kopanpage, 2017.

L. Herbert, Digital Transformation : Build your organization’s Future for the Innovation Age. London: Bloomsbury Publishing, 2017.

F. Ingegneria, L. Magistrale, M. Di, S. In, M. Resistive, and R. Della, “Smart use of Digital Tools,” pp. 1–11, 2012.

David Nour, Co-Create : How your Business will profit from innovative and strategic collaboration. New York: St.Martin’s Press, 2017.

D. Ryan, Understanding Digital Marketing: A Complete Guide to Engaging Customers and Implementing Successful Digital Campaigns, 5th ed. London: Kogen Page, 2021.

J. Weinman, Digital Disciplines: Attaining Market Leadership via The Cloud, Big Data, Social, Mobile and The Internet of Things. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2015.

L. A. G. Alex Uhl, Digital Enterprise Transformation: A Business-Driven Approach to Leveraging Innovate. New Yok: Routledge Taylor & Francis Group, 2014.

M. Al-Ruithe, E. Benkhelifa, and K. Hameed, A systematic literature review of data governance and cloud data governance, vol. 23, no. 5–6. 2019.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Pemahaman Dan Kebermanfaatan Digital Trend Dalam Transformasi Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah . (2023). Teknomatika, 13(02), 61-69. https://doi.org/10.61423/teknomatika.v13i02.629