Pengaruh Digital Marketing Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan Fitness Sun Gym Di Kota Pagar Alam
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Sun Gym di Kota Pagar Alam dan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan Metode Pendekatan Asosiatif. Pengumpulan data dilakukan melalui koesioner, observasi, wawancara dan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling insidenteal dengan rumus slovin total responden 60 pelanggan fitness sun gym. Dalam hasil teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing Berbasis Media Sosial Instagram berpengaruh signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Sun Gym. Hal ini dibuktikan pada hasil uji hipotesis (UJI T) yang memperoleh hasil (thitung> ttabel dimana 5,906 ? 2,002) dan sig (0,000) ? ? (0,05). Serta menunjukan bahwasanya besarnya pengaruh Digital Marketing Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Sun Gym sebesar 61,3%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa Digital Marketing Berbasis Media Sosial Instagram ternyata sangat berpengaruh terhadap pelaku usaha Fitness sun gym dalam mempertahankan pelanggan.
