the studi inferensial tentang pengaruh waktu belajar terhadap efisiensi akademik mahasiswa
Keywords:
12345678910Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat antara waktu belajar lama dan tingkat prodiktivitas siswa dengan memenfaatkan pendekatan statistik inferensial. Dalam studi ini, produktivitas mahasiswa didefinisikan sebagai pencapaian akademik, partisipasi dalam kegiatan akademik tambahan, serta ketetpan waktu dalam menyelesaikan tugas, data yang diperoleh melalui penyebaran kuesinior kepada 120 mahaiswa dari berbagai program studi di sebuah perguruan tinggi di indonesia. Lama belajar diukur berdasarkan rata-rata durasi belajar mandiri harian selama satu semester penuh. Untuk mengidentifikasi hubungan antara kedua analisis variabel tersebut, digunakan uji korelasi pearson serta regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara lama belajar dan produktivitas siswa (r = 0,62, p < 0,01), yang menandakan bahwa peningkatan waktu belajar umumnya disebabkan oleh peningkatan produktivitas. Selain itu, hasil dari regresi linier mengidikasikan bahwa variabel lama belajar berkontribusi sebesar 38,4% dalam menjelaskan variasi produktivitas siswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi institusi pendidikan dalam merumuskan kebijakan akademik serta strategi pembelajaran yang mendukung peningkatan ektivitas belajar siswa. Namun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, salah satunya adalah penggunaan data berbasis laporan diri (self-reprt) yang berpotensi mengandung bias diri responden. Oleh karena itu, disarankan agar penelitian mendatang menggunakan metode triangulasi data serta mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi produktivitas siswa, seperti kualitas tidur, tekanan akademik, dan keterlibatan dalam aktivitas sosial.
