Pengaruh Stimulus Toko terhadap Pembelian tidak Terencana Konsumen di Bandar Lampung
Keywords:
ritel, stimulus, pembelian
Abstract
Industri ritel merupakan entitas bisnis yang penting dalam proses distribusi barang dan merupakan mata rantai terakhir dalam suatu proses distribusi. Dalam industri ritel, suatu produk dapat bertemu langsung dengan penggunanya. Industri ritel di sini didefinisikan sebagai industri yang menjual produk dan jasa pelayanan yang telah diberi nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan pribadi, keluarga, kelompok, atau pemakai akhir. Produk yang dijual kebanyakan adalah pemenuhan dari kebutuhan rumah tangga termasuk sembilan bahan pokok. Berdasarkan perkembangan tersebut pengelola industri ritel berusaha membangun suasana yang nyaman dalam pusat perbelanjaannya, menampilkan dan menyusun produk dengan sangat menarik. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Hypermart. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bagaimana stimulus toko secara psikologis berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana konsumen dengan metode explanatory research dengan melakukan survey kepada konsumen yang berbelanja di dua pusat perbelajaan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara bersamaan price discount, in store display berpengaruh terhadap keputusan impulse buying.References
[1] Komisi Pengawas Persaingan Usaha Positioning Paper Ritel - http://www.kppu.go.id/docs/Positioning_Paper/positioning_pa per_ritel.pdf di download tanggal 21 oktober 2015
[2] Engel, J. F., Roger, D. B., & Miniard, P. (1994). Consumer behaviour (6th ed.). Translated by Budiyanto FX. Perilaku Konsumen. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
[3] Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer behaviour, Internasional Edition, Prentice Hall.
[4] Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
[5] Mowen, Jonh C, Michael Minor. 2002. Prilaku Konsumen Edisi Kelima Jilid 1. Alih Bahasa : Lina Salim. Jakarta : Erlangga
[2] Engel, J. F., Roger, D. B., & Miniard, P. (1994). Consumer behaviour (6th ed.). Translated by Budiyanto FX. Perilaku Konsumen. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
[3] Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer behaviour, Internasional Edition, Prentice Hall.
[4] Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
[5] Mowen, Jonh C, Michael Minor. 2002. Prilaku Konsumen Edisi Kelima Jilid 1. Alih Bahasa : Lina Salim. Jakarta : Erlangga