Analisis Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Keunggulan Bersaing Sektor UMKM di Kota Palembang

  • Welta Universitas Kader Bangsa
  • Zanariah Universitas Kader Bangsa
Keywords: Analisis SWOT, Analisis General Electric (GE) keunggulan bersaing berkelanjutan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menentukan posisi strategis usaha makanan di Kota Palembang. Responden pada penelitian ini adalah para pedagang pempek dan kerupuk di Kota Palembang. Untuk menentukan posisi strategis digunakan General Electrics (GE) analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi strategis usaha pempek dan kerupuk adalah memiliki daya tarik menengah dan kekuatan persaingan rata-rata, sehingga strategi pengembangan yang cocok adalah melakukan identifikasi segmen pertumbuhan, melakukan spesialisasi dan melakukan investasi secara selektif. Kata kunci- Analisis SWOT, Analisis General Electric(GE) keunggulan bersaing berkelanjutan

References

[1] Aaker, David A. (1996) ; Building Strong Brands. The Free Press.
[2] Brynjolfsson, E., and Hitt, L. "Paradox Lost? Firm-Level Evidence on the Returns to Information Systems Spending," Management Science (42:4) 1996, pp 541-558.
[3] Bharadwaj, A.S. "A Resource-Based Perspective on Information Technology Capability and Firm Performance: An Empirical Examination," MIS Quarterly (24:1) 2000, pp 169-196.
[4] Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, & Fahly, Jihn. (1993). “Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions“. Journal of Marketing. Vol.57,Oktober, p.83-99.
[5] Porter, Michael E, (1998), Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance for Analyzing Industries and Competitor, The Free Press.
[6] Umar, Husain.1999. Riset Strategi Perusahaan.PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[7] -----------------. 2008. Strategic Management in Action: Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, danWheelen-Hunger. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.