Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII

  • Jum Dapi Okta Universitas Baturaja

Abstract

Pembelajaran berbasis komputer merupakan program pembelajaran  yang digunakan dalam proses belajar dengan menggunakan perangkat lunak yang berisi tentang muatan pembelajaran. Salah satu  aplikasi perangkat lunak yang bisa digunakan adalah multimedia pembelajaran. Pembelajaran berbasis komputer telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kualitas  dari produk tersebut. Dalam hal ini yang harus dikaji apakah produk tersebut sudah memenuhi kebutuhan pengguna dan seberapa mudah dalam mempelajari dan menggunakan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe Flash pada mata pelajaran PKn kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development ) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model yang digunakan adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil validasi dari ahli  media mendapatkan nilai  81,96 dengan kriteria baik, ahli desain memberikan nilai 82,11 dengan predikat baik dan ahli materi memberikan nilai 77,35 dengan kriteria baik. Hasil uji coba responden skala kecil memberikan nilai 93,23 dengan kriteria baik sekali. Hasil uji coba responden yaitu uji produk skala besar memberikan nilai 91,30 dengan kriteria baik sekali. Hasil ini menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran di sekolah dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan tampilan produk yang menarik, bersifat user friendly, materi yang disajikan sesuai dengan kurikulum.Kata kunci— Multimedia, Pembelajaran Interaktif , PKN

References

N.K. Resiani, A.A.G. Agung, N. Jampel, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa kelas VII Semester genap di SMP N 7 singaraja Tahun ajaran 2014/2015â€,. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 3 No: 1, 2015.

G.Suwiwa, W.Santyasa, M.Kirna, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Pencak Silatâ€. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, 2014. [3] P. P Rusdewanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik untuk Siswa SMPâ€, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol.01, NO. 02, 2014.

A. M. Fanny, S. P. Suardiman, “Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar kelas Vâ€, Jurnal Prima Edukasia, Vol.01, No.01, 2013.

J. Kuswanto,Y. Walusfa, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIIIâ€. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, IJCET, Vol 06 No 02, 2017.

M. F. Adiwisastra, “Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill And Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€,.Jurnal Informatika, Vol. II No. 1, April 2015.

Sugiono, “Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Bandung: Alfabeta, 2009.

Published
2018-07-05
How to Cite
Okta, J. D. (2018). Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII. Teknomatika, 8(1). Retrieved from http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/95