Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online

  • Maria Veronica STMIK PalComTech
  • Darius Antoni Universitas Binadarma
  • Muhammad Akbar Universitas Binadarma

Abstract

Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar. PalComTech merupakan lembaga pendidikan yang mengembangkan berbagai sistem dan aplikasi pembelajaran. Computer Best Test (CBT) yang digunakan PalComTech terdiri dari ujian online pada sistem euniversity dan CBT lainnya. Itu  dikenal dengan nama Qualitiva.id. Qualitiva.id dikembangkan oleh R&D PalComTech dan sudah digunakan selama 2 tahun di PalComTech. Tujuan penelitian ini adalah mengadopsi Website Quality Evaluation Method (WebQEM) dan ISO 9126 untuk mengukur service quality ujian online, sehingga dapat memberikan masukan kepada PalComTech mengenai proses pengembangan Qualitiva.id. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan  kuantitatif.  Pengujian dilakukan dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel high level quality, yaitu: Usability, Functionality, Reliability dan Efficiency. Hasil penelitian adalah kesimpulan bahwa variabel usability, functionality, reliability, dan efficiency berpengaruh terhadap WebQEM, Nilai yang didapat sebesar 0,743 atau 74.3%. Variabel functionality dan reliability berpengaruh signifikan terhadap kualitas web qualitiva.id dan variabel usability dan efficiency tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas web qualitiva.id. Luaran penelitian ini  memberikan masukkan/rekomendasi kepada pihak Palcomtech R&D sebagai pengembang, untuk melakukan perbaikan sesuai analisis kebutuhan user dari sisi usability dan efficiency. Kata kunci- website, ISO 9126, Ujian Online, Service Quality

References

Lilac A. Al-Safadi and Regina A. Garcia, 2012, ISO 9126 Based Quality Model for Evaluating B2C E-Commerce Applications – A Saudi Market Perspective, IJCIT Vol.03 ISSUE 02, ISSN 2078-5828.

L. Olsina and G. Rossi. 2002. “Measuring Web application quality with WebQEM,†IEEE Multimed. 9,pp. 20–29.

Gregor Panovski, 2008, Product Software Quality, Master’s Thesis Eindhoven University. The Netherland, http://www.cs.ru.nl/~marko/onderwijs/masterscripties/Gregor PanovskiThesis.pdf.

Thamer A. Alrawashdeh, Mohammad Muhairat and Ahmad Althunibat, 2013, Evaluating the Quality of Software in ERP Systems Using the ISO 9126 Model, International Journal of Ambient Systems and Applications (IJASA) Vo.1 No.1, March 2013.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Saragih, Hoga . 2014.Rencana Strategis Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI), pada Proses Bisnis Perusahaan. Yogyakarta : GRAHA ILMU.

Published
2018-07-05
How to Cite
Veronica, M., Antoni, D., & Akbar, M. (2018). Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online. Teknomatika, 8(1). Retrieved from http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/94