Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi Polisiku dengan model Efektivitas dan Efisiensi

USER SATISFACTION ANALYSIS OF POLISIKU APPLICATION WITH EFFECTIVENESS AND EFFICIENCY MODEL

  • Eko Setiawan Politeknik PalComTech
  • Wizayunifa Politeknik PalComTech
Keywords: Polisiku, Efektivitas dan efisiensi, User Satisfaction

Abstract

Aplikasi Polisiku merupakan salah satu aplikasi yang berbasis mobile untuk digunakan Polda Sumatera Selatan sebagai manifestasi pelayanan lebih mudah kepada masyarakat. Layanan berbasis teknologi informasi ini untuk mendukung 11 program prioritas Kapolri menuju polisi yang profesional, modern, dan terpercaya, serta sebagai wadah perpolisian masyarakat Sumatera Selatan. Aplikasi Polisiku berupaya untuk dapat memberikan pelayanan lebih baik, maksimal dan cepat dengan berbagai cara dengan memanfaatkan tren teknologi informasi revolusi industri 4.0. Fungsi dan tujuan dari aplikasi Polisiku agar publik merasa nyaman dan dapat lebih mudah berinteraksi dengan polisi, walau sedang berada dimanapun. Aplikasi Polisiku telah diterapkan pada 17 Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Penerapan aplikasi Polisiku dengan tingkat efektivitas dan efesiensi dapat menentukan keberhasilan terhadap penerapan aplikasi Polisiku itu sendiri. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas dan efisiensi penerapan aplikasi polisiku dengan menggunakan analisis Regresi Linier berganda yang dimana digunakan untuk mencari tahu apakah variabel Task Effectiveness, Error Frequency, Task Completion, Compliance, dan Resource Utilization berpengaruh terhadap variabel user satisfaction, yang berarti terdapat lima variabel X dan satu variabel Y user satisfaction. Berdasarkan hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi untuk ke lima variabel yaitu Task Effectiveness, Error Frequency, Task Completion, Compliance, dan Resource Utilization ini bernilai positif itu berarti jika nilai ke lima variabel tersebut semakin baik, maka kepuasan kepuasan penggunanya pun akan meningkat.

References

R. D. Risanty and A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling,†Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. 1 November, pp. 1–9, 2017

F. R. Putra, H. N. Utami, and M. S. Hakam, “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja,†J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2013

I. N. S. Wahyu Wijaya and K. J. Atmaja, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) STMIK STIKOM Indonesia,†JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, p. 55-64, 2019

A. Tahendrika, “Analisis Kualitas Layanan Service Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Motor Suzuki Pada Bengkel PT Sinar Galesong Pratama Makassar,†J. Ekon. Manaj. dan Perbank., vol. 1, no 3, pp. 85–99, 2015

A. A. Gunawan and HP. Sunardi, “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gesit Nusa Tangguh,†Manaj. Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 1–12, 2016

D. Fahmeyzan, S. Soraya, and D. Etmy, “Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosis,â€Jurnal Varian, vol. 2, no. 1, pp. 31–36, 2018

Published
2021-06-03
How to Cite
Eko Setiawan, & Wizayunifa. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi Polisiku dengan model Efektivitas dan Efisiensi. Teknomatika, 11(01), 1-10. Retrieved from http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/514