Pegujian Usability User Experience Simlimastech (Sistem Monitoring Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Palcomtech)

USABILITY TESTING USER EXPERIENCE SIMLIMASTECH (SISTEM MONITORING PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PALCOMTECH)

  • Imroatul Khasanah STMIK PalComTech
  • Raynanda Gunawan STMIK PalComTech
Keywords: usability, simlimastech, user experience, kuantitatif

Abstract

Simlimastech (Sistem Monitoring Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Palcomtech) merupakan sebuah aplikasi yang dibangun guna memudahkan pemantauan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen. Untuk mendapatkan hasil sistem yang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka sistem ini perlu dilakukan pengujian terhadap pengguna (user experience). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana  sistem ini sudah sesuai kebutuhan dan memudahkan pengguna dalam melakukan monitoring penelitian dan pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengukuran user experience menggunakan aspek usability. Pengukuran usability dilakukan dengan mengadopsi kuesioner USE yang mencakup tiga pengukuran menurut ISO yaitu efiensi, efektifitas dan kepuasan Hasil yang didapat dalam pengujian simlimastech ini adalah kelayakan sistem ini sudah cukup baik untuk digunakan oleh pengguna. Hal ini didapat dari hasil skor akhir yaitu 55,02% yang didapat dari skor observasi dibagi dengan skor yang diharapkan, dimana hasil tersebut berada pada interval 41-60% yang menunjukkan hasil cukup baik.

References

[1] Farida, Lilis Dwi. 2016. Pengukuran User Experience dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus Website Pariwisata di Asia Tenggara). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK Amikom Yogyakarta. 6-7 Februari 2016.
[2] Ardiansyah dan Ghazali, Muhammad Imam. Pengujian Usability User Interface dan User Experience aplikasi e-reader skripsi berbasis hypertext.
[3] Kusuma, Wahyu Andhyka dkk. 2016. Analisis Usability dalam Userexperience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Quesionare.
[4] Riduwan dan akon. 2010. Rumus Data dalam Analisa Statistika. Bandung : Sualaang, Standley David K dan Ranti, Benny. (2009). Identifikasi Manfaat Bisnis SI/TI menggunakan metode Ranti’s Generic IS/IT Bussiness Value.Konferensi Nasional Sistem dan Informatika. Alfabeta.
Published
2020-04-17
How to Cite
Imroatul Khasanah, & Raynanda Gunawan. (2020). Pegujian Usability User Experience Simlimastech (Sistem Monitoring Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Palcomtech). Teknomatika, 10(1), 53-60. Retrieved from http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/483