Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT)

  • Yesi Sriyeni STMIK PalComTech
  • Darius Antoni Universitas Binadarma
  • Muhammad Akbar Universitas Binadarma

Abstract

Computer Based Test (CBT) adalah sebuah bentuk perkembangan teknologi yang sekarang ini mulai diterapkan pada pendidikan Indonesia sebagai media ujian online di Sekolah Menengah Atas Negeri, tidak terkecuali kota Palembang. Penerapan computer based test (CBT) perlu dianalisis untuk mengetahui apakah computer based test (CBT) ini dapat sepenuhnya diterima dan bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model UTAUT yang dimodifikasi dengan penambahan konstruk sikap terhadap pengggunaan teknologi (ATUT) selain konstruk utama yaitu ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi yang memainkan peran terhadap minat keperilakuan dan perilaku penggunaan. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dimana responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di 14 Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Palembang yang sudah menerapkan computer based test. Kuesioner dibuat dengan skala 4 poin mengikuti model skala likert. Analisis data menggunakan SPSS 16.0 untuk menguji validitas dan reliabilitas. Pengujian hasil penelitian menggunakan persamaan regresi linear . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa variabel ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi, sikap terhadap penggunaan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat keperilakuan, dan variabel minat keperilakuan secara signifikan berpengaruh terhadap variabel perilaku penggunaan. Variabel pengaruh sosial memiliki pengaruh terbesar terhadap penerimaan dan penggunaan computer based test (CBT) sebagai media ujian online karena adanya kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan ujian nasional. Kata kunci—CBT, Penerimaan Teknologi, UTAUT  

References

Venkatesh, V., Morris, M., Davis, G., & Davis, F. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly (27:3),425-478.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Basuki, I. & Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2015. Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Silverius, S. 2010. Kontroversi Ujian Nasional Sepanjang Masa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16(2) hlm. 194-205.

Hadiana, D. 2015. Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 21 (1), hlm. 15-25.

Abdullah, S. 2009. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Mencapai Standar Proses Pembelajaran Matematika. Fasilitator (4), hlm 43-47.

Luecht, R. M., & Sireci, S. G. 2011. A Review of Models for Computer-Based Testing. College Board.

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT.Kencana Perdana.

Kuncoro, Mudrajat,(2003),Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi,Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis, Erlangga,Jakarta. [11] Azwar, S. (1997). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published
2018-07-05
How to Cite
Sriyeni, Y., Antoni, D., & Akbar, M. (2018). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT). Teknomatika, 8(1). Retrieved from http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/100